Tuesday, August 28, 2012

Lin Dan vs Bao Chunlai

  Mengapa soulmate pada akhirnya tidak menjadi teman lama
  Mereka bertanding keluar bersama, WJC 2000, Bao Chunlai melewati Lin Dan dan menjadi juara dunia baru. Tapi selanjutnya Lin Dan menjadi kepahitannya Bao Chunlai, di kehidupan karirnya 23x ketemu, Bao hanya menang 6x dari Lin Dan, dalam waktu yang panjang menempati rank ke-2 dunia. Meskipun begitu, Bao yang emosinya baik selalu mempunyai hubungan yang baik juga dengan Lin, dia pernah bilang, "bertanding dengan orang dalam, aku tidak bisa." Di pertandingan ini juga tidak berubah, hasil tidak berubah, tapi hubungan baik sahabat selama 8th mengalami perubahan.
  Di turnamen yang sama, mereka juga bertemu di final tunggal putra seperti 4th lalu. Sebelum final, Lin menanggapi tentang pertemuan mereka besok, "di th ini bao sudah menenangin 4 turnamen, merupakan juara yang paling banyak di sektor tunggal putra." Tapi kali ini, juara olimpiade, hatrick WBC menang dengan skor 21-3 atas Bao yang ketika itu bertanding dengan balutan di lutut kirinya, skor ini membuat keduanya melihat ada perbedaan di antaranya.
  21-3 membuat sahabat menjadi asing
  4th lalu di Kun Shan, sesudah final Si Yun Hui, Lin Dan dengan penuh harapan berkata : "tahun 2008 aku ingin menjadi orang yang paling berpengaruh di sektor tunggal putra bersama Bao Chunlai dan menguasai semifinal olimpiade, lalu bertemu di final seperti hari ini, itu merupakan hal yang paling bahagia bagiku. Kalau masalah final, itu merupakan hal kami." Hanya saja di perempatfinal OG Bao sudah kalah terlebih dahulu.
  4th kemudian di Qingdao, Lin yang menjadi juara dengan senangnya dia berdiri dari lantai, lari menuju pelatihnya dan berpelukan, Bao yang menunggu jabatan tangan dari Lin dengan canggung mengarah ke wasit dan bersalama. Sesudah LIn Dan berselebrasi dengan gaya khasnya, Lin berlari ke lapangan lawan dan bersalaman dengan pelatih Hunan. Orang-orang mengira ketika Lin akan mengihur Bao meskipun tidak membantu apa-apa atau berkomunikasi dengan dia, tapi dia (Lin) tidak, tidak ada aksi apapun dan sepatah dua kata.
  Ketika di bawah podium, Lin dan peraih medal perunggu Chen saling memukul pundak masing-masing serta bercerita ria, hanya ada Bao yang disebelah dengan rasa canggung mengarah ke arah lain. Akhirnya, Chen lah yang memecahkan keadaan canggung ini, dia menghormati runner-up dan membiarkan dia jalan duluan, ketika berpindah tempat inilah, baru Lin menyapa Bao. Tapi dari awal sampai akhir Bao selalu menghindar.
 Seusai pertandingan dilakukan sesi wawancara, Lin sedang membahas tentang seberapa penting juara kali ini, Lin selalu menundukkan kepala sambil menjawab pertanyaan, sedangkan wajahnya Bao menghadap ke lain arah --- sepasang sahabat yang saling melindungi, yang selalu ngobrol dan canda tawa malah tidak menjadi tidak saling menyapa, sampai tidak ada tatapan mata!
  Kurun waktu 4th tidak termasuk lama, tapi Lin dan Bao kedua sahabat ini di dalam 4th ini seperti 2 buah rel kereta api yang berpotongan, mengahad ke arah yang berlawanan. Ketika Lin menjadi sejarah orang yang menjadi juara WBC 3x berturut-turut, Bao malah harus kalah diputaran awal, sesudah itu di setengah tahun kedepan, Bao selalu berada di posisi mau operasi atau tidak --- dia sudah terbiasa dengan cedera yang dideritanya.
  Di waktu terpenting Lin Dan, Bao selalu "menemani"
  Lin dengan zodiak Libra, "kekuatan seseorang hanya bisa memenangi satu pertadingan, hanya kekuatan sebuah tim yang dapat membantumu mendapat juara dunia." Dia berbicara ke wartawan, kehidupan karirnya sampai saat ini yang terpenting adalah menjurai Thomas 2004, karena itu adalah pertama kalinya bagi dia memenangi juara dunia bersama timnya; dan yang terpenting kedua ialah, juara dunia WBC th 2006, itu pertama kalinya dia menjadi juara dunia individual. Di th 2004, Lin dan Bao bersama merebut kembali Thomas Cup yang sudah berpisah selama 12th dr China ; th 2006, Lin menang 2-1 atas Bao. Di kehidupan Lin yang "Pertama kali" , Bao selalu memegang peran yang penting.
  Th 2001, Bao dan Lin bersama-sama masuk ke timnas China, pas awal mulai skala latihannya sangat besar, kesehatan Bao yang sedikit lemah jika sudah tidak dapat melanjutkan latihan, pelatih akan menyuruh dia buat istirahat ; tapi kalau Lin yang juga bilang sudah tidak bisa melanjutkan lagi, maka pelatih akan bilang kalau Lin sedang malas-malasan --- jalan mereka berdua, sebenarnya dari awal sudah ada perbedaan. Tapi Lin Dan berkata, dia sangat berterimakasih kepada Xiao Bap dari hati nya yang paling dalam, yang selalu menemani dan mendukung dia, beban di Olimpiade Beijing, membuat dia tidak bisa bernafas, merusak raket manjadi salah satu cara dia untuk mengurangi beban, tapi karena model raket Yonex yang dia pakai sudah berhenti produksi, di waktu ini, sahabtnya Bao dan Chen dengan sendirinya memberikan raket mereka kepada Lin sebagai cadangan.
  Ketika jumpa pers selesai, wartawan meminta untuk naik ke tas panggung dan fobar, Lin lalu memeluk erat Bao dan menarik tubuh Bao ke arah dia. Tapi ternyata keduanya tidak berbicara sama sekali, sesudah berfoto masing-masing berjalan ke arah kiri dan kanan. "Kamu dan Lin Dan di 4th ini mempunyai prestasi dan perjalanan yang sangat berbeda, apakah bisa membuat dan merusak hubungan di antara kalian?" "ini tidak ada hubungannya."

0 comments:

Post a Comment

 

Blogger news

Blogroll